" SELAMAT DATANG DAN BERGABUNG DI BLOG SAYA"

Selasa, 17 Mei 2011

NSUR-UNSUR YANG HARUS DIPENUHI DALAM KEPEMIMPINAN

ada beberapa unsur yang harus dipenuhi dalam suatu kepemimpinan yaitu :
a. Pengikut / followership : adanya kepemimpinan ini disebabkan karena adanya pengikut. seseorang menjadi pemimpin karena adanya orang-orang yang berkehendak mengikutinya sesuai dengan keinginan pemimpin. Pada dasarnya followership (pengikut) dapat dibagi menjadi 5 golongan yakni :
1. Followership berdasarkan naluri : terjadi beberapa pengikut karena adanya dorongan dari mereka untuk menaruh kepercayaan mereka pada seseorang sehingga mereka bersedia untuk bertindak sesuatu yang dikehendaki oleh orang yang telah mereka beri kepercayaan
2. Followership berdasarkan agama : kepengikutan ini karena adanya pandangan bahwa orang lain mempunyai kelebihan dalam bidang keagamaan.
3. Followership berdasarkan tradisi : Ini timbul pada sejumlah orang karena kebiasaan secara turun temurun.
4. Followership berdasarkan rasio : timbul dikalangan orang-orang terpelajar yang terlihat dari adanya pelaksanaan demokrasi di dalam mengambil keputusan.
5. Followership berdasarkan peraturan : ini terlihat pada organisasi atau kelompok tertentu yang ada hubungan antara orang-orang yang satu dengan yang lain di tata menurut aturan-aturan tertentu.
b. Tujuan : Kepemimpinan timbul karena adanya kepengikutan yang melakukan kerjasama dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. dengan adanya tujuan - tujuan tertentu timbul kerjasama dan timbul pula pimpinan yang harus mengatur untuk mencapai tujuan tersebut.
c. Kegiatan mempengaruhi : ini berarti bahwa seorang pimpinan dalam aktifitasnya membimbing, mengontrol dan mengarahkan tindakan orang lain untk menuju suatu sasaran tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More